Masih Proses...

Wednesday

SUPARWONO MANUSIA TERTINGGI INDONESIA TUTUP USIA 2012 | Sekitar Pukul 16.00 WIB Dalam Usia Relatif Sangat Muda, 27 Tahun.

Profil Suparwono TErtinngi Di IndonesiaSUPARWONO MANUSIA TERTINGGI INDONESIA TUTUP USIA 2012 | Sekitar Pukul 16.00 WIB Dalam Usia Relatif Sangat Muda, 27 Tahun. Hidup dan mati memang misteri. Itu juga yang terjadi pada Suparwono, pemegang rekor Muri sebagai manusia tertinggi di Indonesia. Tubuh yang besar, tinggi menjulang, ternyata tidak berbanding lurus dengan umurnya. sekitar pukul 16.00 WIB dalam usia yang relatif sangat muda, 27 tahun. Lihat SPESIFIKASI SKYPE YANG HADIR DI WINDOWS PHONE 2012 | Desainnya Mengadopsi Antarmuka Metro Yang Identik Dengan Tile Kotak-Kotaknya. dan INDONESIA SIAP JADI PARTNER TRANSISI MESIR 2012 | Indonesia Siap Bekerja Sama Dalam Bidang Apapun Saat Ini. 

Penderita gigantisme atau kelainan metabolisme tubuh dengan tinggi 2,42 meter dan berat 176 kilogram ini diduga meninggal akibat serangan jantung. Ditemui di rumah duka di Dusun Tri Tunggal Jaya, SP VIII, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Senin kemarin, Sugito (65), ayah almarhum, bercerita, meninggalnya Suparwono sangatlah mendadak.

"Ia masih terlihat sehat sebelumnya. Saat kejadian, ia habis jagong (kumpul) di rumah tetangga. Lalu, sampai di depan teras, langsung ambruk. Kami bawa ke dalam, dia sudah tidak sadar. Saat kami bawa ke rumah sakit, badannya sudah dingin," tuturnya.

Ia mengakui, beberapa hari sebelumnya Suparwono sempat mengeluh sakit di pencernaannya akibat muntaber selama lebih dari 10 hari. "Namun, sudah sembuh. Dia juga sempat diajak ke Karang (Bandar Lampung), diundang Gubernur untuk gunting pita acara penyerahan kapal nelayan," ungkap Sugito.

Pemakaman anak kelima dari enam bersaudara untuk selama-lamanya ini pun diiringi ratusan pelayat. Ungkapan dukacita bermunculan. Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, misalnya, merasa sangat kehilangan atas berpulangnya Suparwono. Di sela-sela kesibukannya melakukan ibadah umrah di Tanah Suci, Sjachroedin mengatakan, sosok Suparwono tidak akan bisa tergantikan.

"Saya sangat merasa kehilangan almarhum. Sebab, almarhum selama ini selalu saya libatkan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan, budaya, dan pariwisata," tutur Sjachroedin melalui pesan singkatnya kemarin.

Hampir setiap kalender event pariwisata, bahkan acara penting yang mengundang tamu dari luar, Sjachroedin pun rutin menghadirkan Suparwono untuk meramaikan acara. Pada Oktober 2011, dalam acara pembukaan Festival Krakatau misalnya, pria dengan tinggi 242 sentimeter ini turut diundang.

Daya tarik

Sosok Suparwoto memang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang. Pengunjung yang datang berlomba-lomba untuk berfoto dengan almarhum. Dan, seperti biasa, meskipun kerap mengeluhkan sakit di lututnya yang mengalami cedera saat bermain basket beberapa tahun lalu, ia hampir tak pernah menolak warga yang ingin berfoto dengannya.

"Anaknya memang ramah kepada semua orang, meskipun sering juga menyendiri, mungkin karena merasa berbeda dengan lainnya. Sejak kecil, ia juga sering membantu orangtuanya. Mulai dari mengarit rumput, menyadap (karet), sampai memanen singkong. Yang saya ingat banget darinya, tingginya itu. Setiap menaruh panen (singkong) ke truk, ia tidak lagi butuh tangga seperti yang lainnya. Langsung saja diangkut ke atas (truk), soalnya bener-bener tinggi," tutur Suratmi (44), mantan guru Suparwono, menceritakan keseharian hidup alarhum yang sangat sederhana.

Bersahaja dan ramah

Suratmi Tugino (45), warga lainnya, juga terkesan dengan kesahajaannya. Ia bercerita, suatu ketika, Duta Pariwisata Provinsi Lampung ini pernah ditawari tinggal di Bandar Lampung dengan diberi rumah dinas oleh Gubernur. Namun, hal itu ditolaknya.

Ia memilih tinggal bersama orangtuanya yang lokasinya sangat terpencil. Butuh waktu setidaknya 6,5 jam menuju ke rumahnya dari Bandar Lampung. Kondisi jalan menuju ke rumahnya sangat buruk, penuh lubang, batu tajam, dan tanah berlumpur sehingga sulit dilewati kendaraan ketika hujan tiba. Bahkan, aliran listrik PLN juga belum mengalir ke kampung tempat ia tinggal kini.

Siti Aisyah (46), ibu Suparwono, bercerita, terlepas dari tampangnya yang seram karena tinggi besar dan berkulit legam, Suparwono sebetulnya sosok yang baik hati.

"Saya kerap melihat dia bermain dengan anak-anak kecil di sekitar sini. Tidak jarang, setiap habis pameran (tampil dalam acara), ia membagi-bagikan uang rezekinya ke mereka," tuturnya.

Tidaklah heran, pemakamannya sangat ramai karena dihadiri ratusan warga dari berbagai daerah. Padahal, tidak mudah untuk memakamkannya. Dibutuhkan kain kafan sepanjang 39 meter untuk membungkus jenazah alamarhum. Bahkan, 18 orang yang mengangkat almarhum ke liang lahat sampai kerepotan dan terhuyung-huyung.

Sebuah mobil pikap disewa khusus untuk mengantar jenazah dari rumah duka ke kuburannya di kebun karet milik ayahnya.

Garis hidup almarhum Suparwono memang penuh dengan hal mencengangkan dan kontroversi. Salah satu kontroversi itu adalah soal tinggi badannya. Sebelumnya, disebut-sebut bahwa Suparwono memiliki tinggi 2,71 meter. Ini banyak diyakini sebelum Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) melakukan pengukuran tinggi badannya. Namun, dalam pengukuran yang dilakukan Muri pada Desember 2009, tinggi badan pria asal Tulang Bawang Barat, Lampung, ini adalah 2,42 meter.

Hal mengejutkan lainnya, disebut-sebut, Suparwono biasa mengonsumsi 3 kg nasi dan tujuh butir telur sehari. Ukuran sepatunya pun ekstrajumbo, yaitu 64!

Almarhum Suparwono, manusia tertinggi di Asia Tenggara ini, masuk dalam daftar manusia tertinggi urutan ke-19 dunia, seperti dilansir dari situs Wikipedia Internasional.

AdapunoOrang tertinggi dunia sepanjang sejarah adalah Robert Wadlow, warga AS, yang tutup usia pada 1940 dengan tinggi 272 cm. Penderita gigantisme ini juga mati muda dalam usia hanya 22 tahun.

Meskipun meninggal di usia muda, Suparwono memberikan banyak kesan dan contoh bagi orang di sekelilingnya. Selamat jalan, Suparwono....
Kompas.com

SUPARWONO MANUSIA TERTINGGI INDONESIA TUTUP USIA 2012| Sekitar Pukul 16.00 WIB Dalam Usia Relatif Sangat Muda, 27 Tahun. Profil Manusia Tertinggi Di Indonesia Suparwono 2012


Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment