Masih Proses...

Saturday

[VIDEO] HARGA ASLI BBM MELAMPAUI BATAS 9.000 DI 2012 Dampak Bila Harga BBM Tak Naik

Harga Asli BBM TERBARU 2012[VIDEO] HARGA ASLI BBM MELAMPAUI BATAS 9.000 DI 2012 Dampak Bila Harga BBM Tak Naik. Kementerian Keuangan menyatakan harga minyak dunia yang semakin meninggi mengakibatkan anggaran negara menjadi terbebani oleh subsidi bahan bakar. Selama ini bahan bakar minyak jenis Premium dan Solar masih dipatok Rp4.500 per liter. NAMA ANGGOTA KPU TERPILIH 2012-2017 Daftar Anggota KPU Terpilih Periode 2012-2017. Komisi II DPR telah merampungkan pemilihan calon anggota KPU untuk periode 2012-2017  dan  FOTO  'GOYANG MAUT' POLISI GANTENG SAEFUL BACHRI & JULIA PEREZ Polteng Goyang Hot Bareng Jupe, Polri Dikritik Politisi Senayan

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, pada Maret ini harga keekonomian solar sudah menembus Rp9.390 per liter dan Premium Rp9.018. "Subsidinya lebih besar dari harga jual," kata Menteri Keuangan Agus Martowardojo saat rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Sabtu 24 Maret 2012.

Mahalnya harga minyak dunia telah membengkakkan subsidi yang sangat besar. Saat itu, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012 menggunakan asumsi harga minyak mentah Indonesia (ICP) USS$90 per barel. Sedangkan rata-rata pada Maret ini sudah mencapai US$119 per barel. "Ini sudah jauh meleset dari harga keekonomian bahan bakar," katanya.

Agus mengatakan, jika harga bahan bakar minyak tidak dinaikkan maka konsumsi akan membengkak menjadi 47,9 juta kilo liter dari kuota BBM yang dianggarkan pemerintah 40 juta kilo liter.

Kian tingginya selisih harga bensin bersubsidi dengan bensin tak bersubsidi, seperti Pertamax, membuat orang memilih BBM bersubsidi. "Kalau tidak hati-hati akan terjadi pengalihan dari Pertamax," kata Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam Rapat Kerja dengan Badan Anggaran DPR RI, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Sabtu 24 Maret 2012.

Sekadar informasi, harga Pertamax saat ini sudah melampaui Rp9.000 per liter. Harga ini sudah dua kali lipat lebih bila dibandingkan dengan Premium maupun Solar yang hanya Rp4.500 per liter.

Dampak Bila Harga BBM Tak Naik

Menteri Keuangan menyatakan jika harga bahan bakar minyak tidak dinaikkan maka konsumsi akan membengkak menjadi 47,9 juta kilo liter dari kuota BBM yang dianggarkan pemerintah 40 juta kilo liter.

Selisih harga bensin bersubsidi dengan bensin tak bersubsidi, seperti Pertamax, kian tinggi. Sehingga ada kekhawatiran adanya migrasi dari Pertamax ke Premium. "Kalau tidak hati-hati akan terjadi pengalihan dari Pertamax," kata Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam Rapat Kerja dengan Badan Anggaran DPR RI, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Sabtu 24 Maret 2012.

Sekadar informasi, harga Pertamax saat ini sudah melampaui Rp9.000 per liter. Harga ini sudah dua kali lipat lebih bila dibandingkan dengan Premium maupun Solar yang hanya Rp4.500 per liter.

Selain menekan konsumsi, menaikkan harga BBM juga akan menambah penghematan subsidi hingga Rp137,38 triliun. Ini tentunya dengan kenaikan Rp1.500 menjadi Rp6.000 per liter. "Harga minyak dunia sudah semakin tinggi, rata-rata mencapai US$115 per barel," kata Agus.

Jika harga minyak meningkat tanpa diiringi kenaikan harga BBM, Agus mengatakan akan menimbulkan defisit di APBN melampaui 3 persen, bahkan 3,6 persen. "Jika terjadi defisit 3,6 persen ini sudah melanggar UU APBN yang hanya membolehkan 3 persen." ujar Agus.

SBY Pastikan Harga BBM Naik April 2012

Pemerintah tetap berencana menaikan harga BBM bulan depan, pemerintah juga akan menyesuaikan Anggaran Pendapatan Belanja Negara tahun 2012.


Pemerintah Tawarkan Dua Opsi Kenaikan BBM

Dalam rapat kerja pemerintah dengan Komisi VII DPR-RI, Pemerintah mengajukan 2 opsi kenaikan harga BBM bersubsidi, kenaikan BBM kemungkinan akan diberlakukan pada bulan Mei 2012, menunggu revisi APBN 2012.


HARGA ASLI BBM MELAMPAUI BATAS 9.000 Di Tahun 2012 , Dampak Bila Harga BBM Tak Naik, Pemerintah Tawarkan Dua Opsi Kenaikan BBM, SBY Pastikan Harga BBM Naik April 2012




Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment