Masih Proses...

Sunday

DAFTAR PROGRAM KERJA WIDJAJONO YANG MEMBANGUN INDONESIA Gagasan Ini Belum Seutuhnya Terealisasi Dan Patut Dipertimbangkan Pemerintah Sekarang.

Kronologi Meninggalnya Widjajono Partowidagdo Saat Mendaki Tambora 2012DAFTAR PROGRAM KERJA WIDJAJONO YANG MEMBANGUN INDONESIA Gagasan Ini Belum Seutuhnya  Terealisasi Dan Patut Dipertimbangkan Pemerintah Sekarang. Dalam tulisan-tulisan pribadinya terkait penghematan energi, Almarhum Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo punya 15 gagasan. Dari sekian gagasan-gagasan itu, hingga kini belum terealisasi namun patut dipertimbangkan oleh pemerintah. Lihat HASIL AKHIR GP BAHRAIN 2912 F1 Sebastian Vettel Juara Balapan GP Bahrain. dan 1 MEI 2012 KENDARAAN DIATAS 1.500 CC DILARANG PAKAI BBM SUBSIDI Pemerintah Akan Berusaha Mensukseskan Program Konverter BBG.

Menurutnya langkah yang serius dapat dilakukan dengan penghematan subsidi harga BBM. Subsidi lebih diutamakan untuk yang membutuhkan. Penghematan pemakaian energi bisa dilakukan dengan teknologi, penggunaan transportasi umum maupun memakai energi non BBM yang lebih murah dan tersedia di dalam Negeri, berikut ini petikan langsung pemikiran Widjajono, antara lain:
Perlu peraturan bahwa Pertamax wajib untuk mobil pribadi 1500 cc ke atas.

Perlu peraturan bahwa Premix wajib untuk mobil pribadi di bawah 1500 cc. premix adalah campuran 50% Premium dan 50% Pertamax dengan harga rata-ratanya. Cara lain adalah mobil pribadi di bawah 1500 cc harus membeli Pertamax dulu sebelum membeli Premium dalam jumlah yang sama di SPBU.

Perlu peraturan bahwa Premium hanya untuk Angkutan Umum dan Sepeda Motor.

Penghematan untuk bensin sampai di atas 30% oleh HHO dengan alat seharga Rp 800 ribu ditemukan oleh Prof. Djoko Sungkono dari ITS.

Penghematan untuk diesel dengan larutan Penghemat BBM SF Turbo 1 ditemukan oleh Pak Faisal dari Palembang. Ini bagus untuk transportasi umum dan truk, termasuk truk batubara.

Penggunaan tabung LPG 3 kg untuk nelayan melaut perlu disebar luaskan.

Transportasi umum mobil ditingkatkan kuantitas maupun kualitasnya supaya masyarakat mau pindah dari menggunakan kendaraan pribadi pada hari-hari kerja ke transportasi umum dan hanya menggunakan pada akhir pekan. busway di Jakarta memerlukan armada yang jauh lebih banyak.

Pemakaian kereta api ditingkatkan kuantitas maupun kualitasnya baik untuk dalam kota maupun antar kota termasuk untuk angkutan barang dan batubara.

Medco memberi converter kit untuk CNG (Compressed Natural Gas) yang harga keekonomian CNG-nya Rp 4.100/l (kalau disubsidi Rp 1000 maka harganya Rp 3100) untuk stafnya dan menyediakan bus kantor untuk pegawainya. Kalau kebanyakan perusahaan berperilaku seperti Medco maka Jakarta tidak macet. Daerah luar Jawa penghasil Migas bisa beralih ke BBG lebih cepat.

Perlunya penghematan pemakaian listrik dengan memakai lampu dan peralatan hemat energi dan mematikannya apabila tidak diperlukan.

Kamis 5 April 2012 Wakil Menteri Perhubungan dan penulis mengunjungi spbg di Surabaya. Pak Marsaid, Technic & Operation Director CNG pemilik spbg (Mother Station) menjelaskan bahwa SPBU dapat digunakan untuk daughter Station BBG dengan mengizinkannya menjual BBG. Untuk itu hanya dibutuhkan lahan 3mx6m untuk menaruh trailer dan dispenser. Keuntungan dibagi antara Mother (Ibu) dan Daughter (Putri) Stations. Pak Marsaid juga menganjurkan Subsidi Rp 1.000 per Isp (liter setara premium) untuk CNG supaya harga jualnya masih menarik walaupun harga BBM subsidi Rp 4500. Subsidi gas Rp 1.000 jauh lebih menghemat dari subsidi BBM Rp 5000 (harga Premium tanpa subsidi Rp 9500). LNG dari luar Jawa dapat diterima oleh trailer-trailer LNG (tanpa diregasifikasi menjadi CNG) di pelabuhan. Mengangkut LNG (cair) ke konsumen membutuhkan ruangan lebih sedikit dari mengangkut CNG. Juga dianjurkan menggunakan LNG untuk truk maupun transportasi umum jarak jauh di Jawa, Kalimantan Timur dan Sumatera Selatan. Mohon diingat bahwa pengalihan minyak tanah ke LPG dimasa lalu menghemat lebih dari Rp 50 triliun per tahun. Saat ini tidak ada yang mau menggunakan minyak tanah untuk memasak apabila ada LPG.

Memaksimalkan pemanfaatan batubara, panas bumi, air, bioenergi untuk listrik dengan diatasi kendala-kendalanya. Harap diingat bahwa biaya listrik dari batubara, panas bumi dan air hanya seperempat biaya listrik dari BBM.

Pada 11 Maret 2012 Wakil Menteri Pertanian dan penulis mengunjungi Pesantren Sunan Drajat di Lamongan dan melihat pengembangan kemiri sunan disana. Kemiri Sunan ini disamping baik untuk penghijauan sehingga mencegah banjir dan tanah longsor juga buahnya bisa dibuat biodiesel yang dapat menjadikan suatu desa disamping asri juga mandiri energi. Pesantren mempunyai jaringan di seluruh Indonesia dan menurut informasi jumlahnya sekitar 20.000 di Indonesia. Memaksimalkan pemanfaatan kemiri sunan untuk reklamasi tambang, penghijauan dan energi (biodiesel).

Memaksimalkan pemanfaatan energi surya, angin, arus laut, mikro hidro untuk daerah-daerah terpencil terutama Indonesia Bagian Timur.

Akan lebih banyak uang yang dihemat apabila kita bisa meminimalkan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme), mengoptimalkan Penerimaan Pemerintah dan mengefisienkan Pengeluaran Pemerintah.

Menurutnya kenyataan saat ini pendapatan pemerintah dari minyak habis untuk subsidi harga BBM. Ia menuturkan dengan produksi minyak 930.000 barel/hari dan harga minyak $ 105/barel dan kurs Rp 9.000/ dolar AS, menghasilkan Pendapatan Pemerintah sebesar: 60% x 930.000 barel/hari x 365 H/Tahun $ 105/barel x Rp 9.000/$ = Rp 205 triliun.

Subsidi BBM dengan asumsi harga BBM naik Rp 1.500/liter untuk harga minyak $ 105/B adalah Rp 137 triliun dan kalau harga BBM tidak naik maka subsidinya Rp 178 triliun.

Dengan subsidi listrik Rp 60 triliun yang diakibatkan oleh naiknya harga BBM mengakibatkan seluruh pendapatan pemerintah dari minyak hampir habis (sisa Rp 8 triliun) untuk subsidi harga BBM apabila harga BBM dinaikkan Rp 1500 /lter dan apabila harga minyak tidak dinaikkan maka kurang Rp 33 triliun. Asumsi harga minyak US$ 90/B (APBN 2012) membutuhkan subsidi $ 123 triliun. Artinya kenaikan harga US$15/barel mengakibatkan kenaikan subsidi Rp 55 triliu atau setiap US$1/barel mengakibatkan defisit 55/15 atau Rp 3,67 triliun. Bayangkan kalau harga minyak naik $ 25/barel atau lebih. Sehingga kita harus serius melakukan penghematan.

Terkait kondisi-kondisi saat ini, maka ia berkesimpulan, antara lain: Waktu harga BBM Rp 6.000/liter sudah banyak yang berpindah ke busway dan transportasi umum. Begitu harga BBM Rp 4.500/liter maka kembali naik kendaraan pribadi lagi. Orang tidak menghemat energi tetapi menghemat uang. Program konversi minyak tanah ke BBG berhasil karena subsidi minyak tanah dihilangkan. Program jarak pagar dan konversi premium ke BBG belum berhasil karena premium harganya Rp 4.500/liter (disubsidi). Kalau seseorang menyikapi kenaikan harga BBM dengan arif, maka pengeluarannya justru berkurang kalau di hari-hari kerja dia menggunakan transportasi umum dan hanya menggunakan mobil pribadi di akhir pekan atau silaturahmi. Pengguna transportasi umum adalah Patriot karena menghemat uang negara, menghemat energi dan polusi. Penghematan pemakaian Premium diatas 30% dengan memakai HHO seperti dengan alat seharga Rp 800 ribu yang disediakan Prof. Djoko Sungkono dari ITS perlu dan cara penghematan energi lain dan budaya hemat energy perlu digalakkan. Penggunaan tabung LPG 3 kg untuk nelayan melaut perlu disebar luaskan. Naiknya harga BBM justru akan menyebabkan energi lain yaitu batubara, gas, panasbumi, air dan bioenergi dan energi baru (Misal: Coal Bed Metane dan Shale Gas) dan terbarukan lainnya banyak dibutuhkan dan diproduksikan yang akan memberikan lapangan kerja, penghasilan dan pertumbuhan ekonomi serta berkembangnya daerah-daerah terutama di luar Jawa. Ketergantungan yang berlebihan terhadap minyak dan luar negeri adalah ketidakmandirian.

Tidak menggunakan energi yang kita miliki secara optimal adalah tidak bijaksana. Mengkonsumsi energi yang mahal tetapi tidak mengkonsumsi energi murah yang kita miliki adalah kebodohan. Cara meminimalkan subsidi BBM untuk transportasi dan listrik adalah dengan sesedikit mungkin memakai BBM. Akibatnya, Indonesia mempunyai dana lebih banyak untuk membuat Indonesia lebih cepat menjadi Negara Terpandang di Dunia. Dengan mengurangi ketergantungan kepada BBM maka Insya Allah Indonesia menjadi lebih baik.

DAFTAR PROGRAM KERJA WIDJAJONO YANG MEMBANGUN INDONESIA Gagasan Ini Belum Seutuhnya Terealisasi Dan Patut Dipertimbangkan Pemerintah Sekarang, Gagasan-Gagasan Membangun Widjajono Partowidagdo Untuk Indonesia 2012, Profil Lengkap Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo 2012, Kronologi Meninggalnya Widjajono Partowidagdo Saat Mendaki Tambora 2012, Pembangunan Indonesia Menurut Widjajono Partowidagdo, Foto Suasana Terakhir Detik-Detik Meninggalnya Widjajono Partowidagdo 2012 Di Tambora, Profil Pendidikan Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo


Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment