Masih Proses...

Wednesday

GEMPA ACEH 8,9 SR, NEGARA TETANGGA PASANG STATUS TSUNAMI | Sirene Berbunyi, Negara Tetangga Waspada Tsunami Aceh 2012.

Daftar Negara Tetangga Yang Terancam Tsunami Gempa Aceh 2012
GEMPA ACEH 8,9 SR, NEGARA TETANGGA PASANG STATUS TSUNAMI | Sirene Berbunyi, Negara Tetangga Waspada Tsunami Aceh 2012. Gempa bumi berkekuatan 8,5 Skala Richter (SR) yang melanda Aceh dan sekitarnya juga terasa hingga ke sebagian wilayah Singapura, Thailand dan India. Warga-warga di negara-negara tersebut ikut panik dan berhamburan keluar rumah. Lihat VIDEO UPDATE GEMPA ACEH 8,9 SR [YOUTUBE] 2012 |  Potensi Bencana ini Menyasar Pesisir Barat Pulau Sumatera. dan PRAKIRAAN TSUNAMI ACEH SAMPAI DARATAN SORE INI 2012 |  Air Akan Naik Pukul 16.21 WIB di Simeulue, Aceh dan Banda Aceh pukul 16.31 WIB. 

Seperti dilansir oleh Reuters, Rabu (11/4/2012), gempa ini dirasakan oleh warga yang berada di Bangkok, Thailand. Warga yang panik pun berhamburan ke jalanan.

Gempa yang sangat kuat juga terasa di wilayah India bagian selatan. Ratusan pekerja di wilayah Bangalore, India, bahkan terpaksa harus meninggalkan gedung masing-masing.

Sedangkan menurut Twitter, gempa ini juga dirasakan di wilayah Singapura dan Malaysia. Bahkan dilaporkan bangunan apartemen dan gedung perkantoran di wilayah pantai barat Malaysia berguncang selama 1 menit.

Menurut Pusat Peringatan Tsunami Wilayah Pasifik di Hawaii, gempa ini berpotensi tsunami. Diperkirakan tsunami akan berdampak di wilayah Indonesia, India, Sri Lanka, Australia, Myanmar, Thailand, Kepulauan Maldives, wilayah Samudera Hindia lainnya, Malaysia, Pakistan, Somalia, Oman, Iran, Bangladesh, Kenya, Afrika Selatan dan Singapura.

Menyusul gempa berkekuatan 8,5 SR di Simeuleue, Aceh, otoritas Sri Lanka mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah pantai timur negara tersebut.

Pusat manajemen bencana Sri Lanka pun menyerukan penduduk pantai untuk bergerak ke daerah-daerah yang lebih tinggi. Ini sebagai pencegahan jika terjadi gelombang tsunami.

Disebutkan bahwa gelombang tsunami bisa menjangkau wilayah pantai timur Sri Lanka dalam waktu dekat. Otoritas Sri Lanka pun menyerukan evakuasi warga dari jalur-jalur pantai.

"Ada kemungkinan kuat tsunami menghantam pulau ini setelah gempa bumi di Indonesia," kata wakil direktur Departemen Meteorologi Sri Lanka M. D. Dayananda kepada AFP, Rabu (11/3/2012).

Sebelumnya, otoritas Thailand dan India juga telah mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa yang terjadi di Aceh tersebut. Gempa ini terjadi sekitar pukul 15.38 WIB, di kedalaman 10 kilometer.

Tidak hanya di India saja, Thailand juga mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa bumi berkekuatan 8,5 Skala Richter (SR) yang melanda Simeuleue, Aceh. Peringatan tsunami dikeluarkan untuk dua provinsi di bagian selatan Thailand, yakni Provinsi Phuket dan Phangnga.

"Provinsi-provinsi tersebut telah mengaktifkan sirene peringatan dan meminta semua orang di wilayah Phuket untuk bergerak ke tempat yang aman," demikian pernyataan dari Pusat Pencegahan Bencana dan Mitigasi Phuket kepada Reuters, Rabu (11/4/2012).

Sedangkan otoritas Phangnga menyatakan, pihaknya juga mengintruksikan warga untuk mengungsi menyusul adanya peringatan tsunami. "Kami telah memperingatkan warga di setiap distrik untuk segera mengungsi karena adanya potensi tsunami," jelasnya.

Otoritas Thailand juga memerintahkan evakuasi bagi warga yang berada di wilayah pantai Andaman. Pusat Penanggulangan Bencana Nasional Thailand menyarankan setiap warga untuk menjauhi wilayah pantai bagian selatan Thailand dan segara mengungsi ke daerah-daerah yang lebih tinggi.

Sebelumnya, otoritas India mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa bumi yang juga terasa hingga ke wilayah Singapura, Malaysia, Thailand, dan India. Peringatan tsunami itu dikeluarkan untuk pantai-pantai timur India.

Pusat peringatan tsunami India menyatakan, gelombang tsunami setinggi hingga 6 meter bisa terjadi di sepanjang pantai timur India. Gelombang tsunami yang lebih kecil diperkirakan juga bisa terjadi di pulau-pulau terpencil Andaman dan Nicobar.

Sedangkan menurut Pusat Peringatan Tsunami Wilayah Pasifik di Hawaii, gempa ini berpotensi tsunami yang akan berdampak di wilayah Indonesia, India, Sri Lanka, Australia, Myanmar, Thailand, Kepulauan Maldives, wilayah Samudera Hindia lainnya, Malaysia, Pakistan, Somalia, Oman, Iran, Bangladesh, Kenya, Afrika Selatan dan Singapura.

GEMPA ACEH 8,9 SR, NEGARA TETANGGA PASANG STATUS TSUNAMI | Sirene Berbunyi, Negara Tetangga Waspada Tsunami Aceh 2012, Daftar Negara Tetangga Yang Terancam Tsunami Gempa Aceh 2012, Berita Update Gempa 8,9 SR Aceh 2012, Daftar Korban Terbaru Gempa Aceh 2012.


Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment