Masih Proses...

Wednesday

GEMPA DAHSYAT 8,5SR BERPOTENSI TSUNAMI 5 DAERAH SUMATERA 2012 Tiga Versi Data Gempa Sumatera

VIDEO GEMPA DAHSYAT 8,5SR BERPOTENSI TSUNAMI 5 DAERAH SUMATERA 2012 Tiga Versi Data Gempa SumateraGEMPA DAHSYAT 8,5SR BERPOTENSI TSUNAMI 5 DAERAH SUMATERA 2012 Tiga Versi Data Gempa Sumatera. Gempa berkekuatan 8,5 skala richter mengguncang wilayah Sumatera, Rabu 11 April 2012. Peringatan dini tsunami dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. VIDEO YOUTUBE GEMPA ACEH 8,5 SR TERBARU APRIL 2012 Liputan Kepanikan Warga Atas Gempa 8,5SR dan Air Danau Toba Bergolak dan PERINGKAT FIFA TERBARU 2012 | Daftar Peringkat FIFA Terkini Ranking Dunia Indonesia Turun.

Berdasarkan peringatan BMKG itu, peringatan tsunami diberlakukan di lima daerah, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Lampung.

Gempa terjadi pada pukul 15.38 WIB, lokasi gempa berada di 2.31 Lintang Utara dan 92.67 Bujur Timur. Kedalaman gempa 10 kilometer.

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memprediksi, jika terjadi tsunami, maka gelombang itu diperkirakan tiba pada pukul 16.21 di Simeulue, pukul 16.31 di Banda Aceh, pukul 17.17 di Padang, Sumatera Barat, dan pukul 17.38 di Bengkulu.

Warga di Aceh langsung panik dan lari ke dataran tinggi. Pantauan VIVAnews, warga di Lueng Batang terlihat panik saat gempa kuat mengguncang wilayah mereka. Mereka langsung lari ke kawasan dataran tinggi di Simpang Lambaro.

Sementara itu, warga di Banda Aceh juga diminta menjauh dari bibir pantai. Karena gempa ada di kedalaman 10 km dan hanya berjarak 15 kilometer saja dari darat.

Tiga Versi Data Gempa Sumatera


Gempa besar mengguncang kawasan Sumatera. Pusat gempa diperkirakan terjadi di kawasan Samudera Indonesia. Gempa terjadi sekitar jam 15.38.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Meteorologi Jepang, atau Japan Meteorological Agency (JMA), gempa tercatat sebesar 8,7 skala richter.

JMA mencatat episentrum gempa berada di 2 Lintang Utara dan 92,5 Bujur Timur.

Selain itu, JMA juga memperingatkan kalau gempa ini berpotensi tsunami.

Data lembaga meteorologi Jepang ini agak berbeda dengan data yang disampaikan Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Menurut BMKG, gempa di Sumatera berkekuatan 8,5 skala richter.

Sedangkan lokasi gempa versi BMKG tercatat di 2,31 LU dan 92,67 BT di kedalaman 10 kilometer.

Sedangkan United States Geological Survey (USGS) mencatat gempa Sumatera berkekuatan 8,7 SR. USGS menyebut pusat gempa berada di 431 kilometer dari Banda Aceh, 434 km dari Sinabang, dan 962 kilometer dari Kuala Lumpur, di kedalaman 33 kilometer.


GEMPA DAHSYAT 8,5SR BERPOTENSI TSUNAMI 5 DAERAH SUMATERA , Tiga Versi Data Gempa Sumatera, Gempa Sumatera Berpotensi Tsunami, Video Gempa Sumatera, Korban Gempa 8,5SR Sumatera Aceh Medan Padang Riau


Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment