Masih Proses...

Tuesday

GEMPA GUNCANG WILAYAH TIMUR LAUT PAPUA NUGINI BERKEKUATAN 7 SR SELASA SIANG TADI | BMKG Peringati Ada Kemungkinan Terjadi Tsunami Belum Ada Korban Jiwa

Gempa Wilayah Timur papua Nugini 7 SR Selasa 17 April 2012GEMPA GUNCANG WILAYAH TIMUR LAUT PAPUA NUGINI BERKEKUATAN 7 SR SELASA SIANG TADI | BMKG Peringati Ada Kemungkinan Terjadi Tsunami Belum Ada Korban Jiwa. Gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah timur laut Papua Nugini (PNG) hari Selasa ini. Namun tak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan pascagempa ini.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS menyatakan, gempa berkekuatan besar ini terjadi pada pada sekitar pukul 17.13 waktu setempat. Gempa mengguncang 141 kilometer sebelah utara Kota Lae, kota terbesar kedua di PNG dan sekitar 443 kilometer dari ibukota Port Moresby. Gempa berkedalaman 201 kilometer.

"Tsunami destruktif tidak terjadi berdasarkan data sejarah tsunami dan gempa bumi," demikian pernyataan USGS seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (17/4/2012).

Sejauh ini tidak ada laporan korban maupun kerusakan akibat gempa. Gempa-gempa besar seperti ini merupakan hal yang lumrah di PNG, yang terletak di daerah yang dinamakan "cincin api Pasifik".

Bulan lalu, negeri itu mengalami gempa 6,7 SR meski tidak menimbulkan korban maupun kerusakan. Sebelumnya pada 1998 silam, tsunami raksasa yang dipicu oleh gempa bawah laut, menewaskan lebih dari 2 ribu orang dekat Kota Aitape.

GEMPA GUNCANG WILAYAH TIMUR LAUT PAPUA NUGINI BERKEKUATAN 7 SR SELASA SIANG TADI | BMKG Peringati Ada Kemungkinan Terjadi Tsunami Belum Ada Korban Jiwa, Gempa Meksiko Direvisi Jadi 6,5 SR, Tidak Ada Kerusakan Serius, Gempa 7 SR Guncang Meksiko, Peringatan Dini Tsunami Disebarkan, Gempa 6,5 SR Guncang Chili, Gempa 5,4 SR Goyang Taiwan


Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment