Masih Proses...

Saturday

KRONOLOGI JATUHNYA ROKET UNHA-3 KORUT 2012 | Roket Jarak Jauh KORUT Jatuh DiLaut KORSEL Tadi Malam.

Penyebab Roket Jarak Jauh KORUT Terjatuh DiLaut KORSEL 2012KRONOLOGI JATUHNYA ROKET UNHA-3 KORUT 2012 | Roket Jarak Jauh KORUT Jatuh DiLaut KORSEL Tadi Malam. Korea Utara hari Jumat (13/4/2012) meluncurkan roket jarak jauh namun tampaknya roket tersebut jatuh ke laut. Demikian otoritas Korea Selatan dan Jepang, seperti dikutip Channel NewsAsia. Lihat KRONOLOGIS RICUH GENG MOTOR BERAWAL DARI KEMAYORAN BERAKHIR DI SALEMBA Usut Geng Motor Pita Kuning. dan MISTERI KUBURAN BAU AMIS CILINCING TERUNGKAP Penyebab Bau Amis Di Kuburan Cilincing.

Kementerian Pertahanan Korsel menyebutkan roket diluncurkan pukul 05.39 WIB atau Kamis pukul 22.39 GMT. "Kelihatannya roket itu jatuh," kata juru bicara Kemenhan Korsel, Kim Min-Seok kepada jurnalis.

"Namun kami membutuhkan lebih banyak analisis untuk konfirmasi," katanya, sambil menambahkan pejabat Korsel dan AS sedang mempelajari lintasan roket tersebut.

Korea Utara mengatakan roket itu diluncurkan untuk tujuan damai, namun Barat melihat peluncuran itu sebagai uji coba rudal balistik terselubung, yang dilarang PBB.

Dewan Keamanan PBB akan bertemu dalam rapat darurat hari Jumat ini "untuk memutuskan langkah selanjutnya" setelah peluncuran roket Korea Utara ini, kata seorang diplomat PBB.

Kementerian Pertahanan Jepang menyebutkan, Korea Utara telah meluncurkan "benda terbang" yang jatuh ke laut tak lama setelah ada di udara.

"Kami memperoleh informasi semacam benda terbang diluncurkan dari Korea Utara pukul 05.40 pagi ini WIB (atau 22.40 GMT Kamis)," demikian Menteri Pertahanan Jepang Naoki Tanaka kepada wartawan.

"Benda terbang itu diyakini terbang di udara selama satu menit dan kemudian jatuh ke laut. Hal ini tidak mempengaruhi wilayah kami," jelas Tanaka.

Tak lama setelah peluncuran roket Korut, Pemerintah Korsel mengeluarkan perintah kepada warga yang tinggal di perbatasan Korsel-Korut untuk mencari perlindungan diri dari semua debu yang mungkin jatuh dari roket, demikian kantor berita Yonhap.

Korea Utara mengatakan peluncuran roketnya itu bukan tes rudal yang dilarang PBB dan menegaskan mereka memiliki hak untuk mengirim satelit ke udara, bertepatan peringatan seratus tahun kelahiran pemimpin Korut Kim Il-Sung.

Korea Utara mengundang lebih dari 200 jurnalis asing ke Pyongyang untuk menghadiri peluncuran dan peringatan akhir pekan. Ini jumlah terbesar media asing yang pernah diundang negara komunis itu.

Negara tertutup itu masih dalam masa transisi antara pemimpin terakhir Kim Jong-Il yang meninggal Desember 2011 lalu dan pewarisnya, sang putra Kim Jong-Un yang belum teruji dalam usianya yang masih 20-an tahun.

Menlu AS Hillary Clinton sebelumnya memperingatkan Korea Utara bahwa Dewan Keamanan PBB akan maju jika peluncuran tetap dilakukan.

"Jika Pyongyang terus maju (meluncurkan), kami akan kembali ke Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan lebih jauh," tegas Hillary Clinton kepada wartawan setelah berkonsultasi dengan mitranya dari negara-negara industri G-8.

Roket Korea Utara hancur menjadi beberapa bagian tak lama setelah diluncurkan pada Jumat (13/4/2012) pagi. Puing-puing roket tersebut jatuh di Laut Kuning di wilayah Korea Selatan, kata para pejabat Korea Selatan seperti dikutip kantor berita Yonhap.

"Puing-puing itu jatuh ke laut sekitar 190 kilometer-200 kilometer di barat Kunsan (sebuah pelabuhan yang terletak di barat daya Korsel)," kata sebuah sumber militer yang dikutip Yonhap.

"Beberapa menit setelah peluncuran, roket itu hancur menjadi beberapa bagian dan kehilangan ketinggiannya," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Kim Min-Seok, kepada wartawan.

Sementara lembaga peyiaran Jepang, NHK, yang mengutip sebuah sumber kementerian pertahanan negara itu mengatakan, roket tersebut meluncur sejauh 120 kilometer sebelum kemudian pecah menjadi empat bagian dan jatuh ke Laut Kuning di barat Semenanjung Korea.

Menurut pihak Korsel, Korea Utara meluncurkan roket jarak jauhnya itu hari Jumat pukul 07.39 waktu setempat (atau pukul 05.39 WIB).

KRONOLOGI JATUHNYA ROKET UNHA-3 KORUT 2012 | Roket Jarak Jauh KORUT Jatuh DiLaut KORSEL Tadi Malam, Foto Roket Unha-3 KORUT Jatuh Dilaut KORSEL 2012, Video Pasca Terjatuhnya Roket Unha-3 KORUT 2012 [Youtube]. Penyebab Roket Jarak Jauh KORUT Terjatuh DiLaut KORSEL 2012


Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment