Masih Proses...

Thursday

INI PENYEBAB KULIT BAYI BERWARNA KUNING ATAU JAUNDICE | Warna Kulit Menguning Pada Bayi Sering Membuat Khawatir Orang Tua


Penyebab Warna Kulit Bayi Menguning Atau JaundiceINI PENYEBAB KULIT BAYI BERWARNA KUNING ATAU JAUNDICE | Warna Kulit Menguning Pada Bayi Sering Membuat Khawatir Orang Tua. Warna kulit yang kuning pada bayi baru lahir atau sering disebut dengan jaundice, seringkali membuat orang tua khawatir. Banyak yang mengira bahwa warna kulit yang kuning adalah penyakit hepatitis yang seringkali terjadi pada orang dewasa. Sebenarnya jaundice merupakan pembaharuan sel dari jaringan tubuh secara alami. SPESIFIKASI SONY SMARTPHONE LTE 13 MP TERBARU 2012 | Spesifikasi-Harga Xperia GX dan Xperia SX Terbaru Dengan 13 MP dan FAKTA TERBARU PENEMU BENUA AMERIKA BUKAN COLOMBUS 2012 | Bahwa John Cabot Asal Italia Yang Pertama Kali Berlayar Ke Amerika Tahun 1497. Pada bayi baru lahir, sel darah merah bertahan selama 70 sampai 90 hari, kemudian sel tersebut dihancurkan dan diganti dengan yang baru.

Ini yang mengakibatkan kulit bayi berwarna kuning. Kuning pada bayi baru lahir atau sering disebut dengan jaundice seringkali membuat orang tua khawatir. Pada saat persalinan Khalila, saya lihat bayi yang terkena jaundice membuat para ibu khawatir. Bayi-bayi tersebut diletakkan dalam sebuah kotak dan disinar biru. Sungguh membuat saya terharu dan prihatin. Alhamdulillah Khalila sehat walaupun sehari sebelum pulang dari rumah sakit kadar bilirubinnya sempat tinggi. Namun keesokan harinya sebelum pulang sudah normal kembali. Saya mengira bahwa kuning yang diderita adalah hepatitis yang seringkali terjadi pada orang dewasa. Ternyata saya salah.

Berikut penjelasan jaundice dari buku penuntun calon ibu yang diterbitkan RS St Carolus. Jaundice bisa terjadi karena dalam proses pertumbuhan pada manusia, akan terjadi pembaharuan sel dari jaringan secara teratur. Demikian pula halnya dengan sel-sel darah merah di dalam tubuh. Pada bayi baru lahir, sel darah merah bertahan selama 70-90 hari, tidak seperti pada anak dan orang dewasa yang dapat bertahan sampai 120 hari. Kemudian sel tersebut dihancurkan dan diganti dengan yang baru. Sisa penghancuran sel yang tidak dipakai kembali akan dibuang dan dikeluarkan dari dalam tubuh. Salah satu sisa penghancuran dari sel darah disebut bilirubin yang mengandung zat warna kuning dan harus dibuang keluar.

Apabila zat tersebut berlebihan dalam darah maka akan masuk ke sel-sel dalam jaringan tubuh termasuk sel-sel kulit, yang menyebabkan kulit berwarna kuning, sehingga bayi sering disebut menderita kuning. Pada keadaan normal, bilirubin biasanya diolah oleh hati menjadi zat yang tidak berbahaya lalu dibuang melalui saluran empedu ke dalam usus, yang dikeluarkan melalui feces (kotoran).

INI PENYEBAB KULIT BAYI BERWARNA KUNING ATAU JAUNDICE | Warna Kulit Menguning Pada Bayi Sering Membuat Khawatir Orang Tua, Pengertian Jaundice Pada Bayi Baru Lahir


Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment