Masih Proses...

Monday

PROFILE FRANCOIS HOLLANDE PRESIDEN TERBARU PRANCIS 2012 | Hollande Meraup Suara 50,8 Persen Pada Pemilu Prancis.

Data Prestasi Biografi Francios Hollande Presiden Prancis 2012PROFILE FRANCOIS HOLLANDE PRESIDEN TERBARU PRANCIS 2012 | Hollande Meraup Suara 50,8 Persen Pada Pemilu Prancis. Francois Hollande dari Partai Sosialis memenangi pemilihan presiden Prancis. Dia mengalahkan incumbent, Nicolas Sarkozy, dalam pemilihan yang digelar pada Minggu 6 Mei 2012. Lihat SPESIFIKASI HONDA SCOOPY-I TERBARU THAILAND 2012 | Lampu Sein Depan-Belakang Kini Menyatu Pada Bodi. dan JUVENTUS RESMI MENANGKAN SCUDETTO SERIE A 2012 | Kekalahan Milan 4-2 Atas Inter Perkokoh Posisi Juve Hingga akhir Musim.

Laman BBC melaporkan, berdasar penghitungan suara awal, calon dari kelompok sayap kiri ini meraup 52 persen suara. Sementara, Sarkozy yang berasal dari kelompok kanan tengah, memperoleh 48 persen suara. Sementara itu, laman CNN melaporkan, Hollande meraup 50,8 persen, sementara Sarkozy medapat 49,2 persen--dengan jumlah suara yang telah dihitung mencapai dua per tiga.
]
Sedangkan, televisi Prancis juga melaporkan Hollande menang dengan perolehan 51,9 persen suara. Sarkozy telah mengakui kekalahannya dalam pemilihan presiden kali ini. "Francois Hollande adalah Presiden baru Prancis dan harus dihormati," katanya seperti dikutip laman BBC. "Saya bertanggung jawab atas kekalahan ini, dan akan bertanya mengapa. Saya bertanding untuk nilai tanggung jawab, dan saya bukan orang yang tidak menerima kekalahan ini," kata Sarkozy seperti dikutip CNN.

 "Saya siap menjadi orang biasa di antara rakyat Prancis dan mencintai negeri saya lebih dalam di hati daripada sebelumnya," tambahnya. Dalam kampanye sebelumnya, Sarkozy menyatakan akan meninggalkan dunia politik jika kalah dalam pemilu ini. Dengan kemenangan ini, Hollande menjadi presiden pertama dari sayap kiri semenjak Francois Mitterand yang selesai menjabat pada 1995. Sementara, kekalahan Sarkozy ini merupakan keduakalinya seorang incumbent gagal menang sejak pemilihan presiden Republik Prancis 1958. Incumbent sebelumnya yang kalah adalah Valery Giscard d'Estaing. Dia menyerah dari Francois Mitterand pada pemilihan tahun 1981. Hollande diharapkan secara resmi dilantik pada akhir bulan ini. Sementara itu, pemilihan parlemen dijadwalkan akan berlangsung Juni mendatang.

Francois Hollande menunggu selama 17 tahun hingga bisa mewujudkan impiannya menjadi Presiden Perancis lewat pemilu hari Minggu, (6/5/2012). Sebuah peristiwa, entah itu kebetulan, telah mengantarnya menjadi Presiden. Skandal seks yang menimpa Dominique Strauss-Kahn, mantan Direktur Pelaksana IMF, membuatnya menjadi terdepan sebagai bakal calon presiden Perancis. Skandal ini menjatuhkan pamor Strauss-Kahn dalam dunia politik Perancis. Setelah itu jalannya makin mulus menjadi capres dari kubu Partai Sosialis Perancis untuk menghadapi Nicolas Sarkozy. Pertarungan selama kampanye memperlihatkan kecenderungan warga Perancis yang lebih memilih Hollande ketimbang Sarkozy. Warga Perancis jengkel dengan tahapan liberalisasi ekonomi serta duet Merkozy, julukan bagi kolaborasi antara Kanselir Jerman Angela Merkel dan Nicolas Sarkozy. Duet itu menciptakan persepsi warga Perancis bahwa kebijakan perekonomian zona euro termasuk Perancis ditentukan Berlin, julukan untuk Jerman.

Merkel memang menginginkan program penyehatan ekonomi zona euro lewat program penghematan anggaran pemerintah untuk mengurangi secara perlahan tumpukan utang yang membelenggu zona euro termasuk Perancis. Namun program penghematan ini telah membuat program sosial pemerintah tidak jalan dan menyengsarakan kehidupan warga. Inilah yang tidak disukai warga Perancis sehingga memilih Hollande yang berjanji membuat Perancis lebih punya sikap dan jati diri. Namun jauh sebelum itu, Hollande yang berusia 57 tahun ini selalu terhambat jalurnya menjadi capres. Pada tahun 2007, adalah mantan istrinya, Segolene Royal yang maju sebagai capres dan dikalahkan oleh Sarkozy.

Kalangan internal partai sosialis mengenyitkan mata ketika Hollande menyetujui konstitusi Eropa lewat sebuah referendum. Ini bertujuan untuk membuat kedaulatan negara-negara Uni Eropa dilepas perlahan-lahan dan lebih tunduk kepada kepentingan bersama Uni Eropa. Hal ini membuatnya tidak populer di kalangan sendiri. Jauh sebelum itu, yakni sekitar tahun 1995, niatnya menjadi capres juga terhambat karena berada di bawah bayang-bayang tokoh raksasa partai sosialis.

PROFILE FRANCOIS HOLLANDE PRESIDEN TERBARU PRANCIS 2012 | Hollande Meraup Suara 50,8 Persen Pada Pemilu Prancis, Fakta Terbaru Francios Hollande Presiden Prancis 2012, Foto Francios Hollande Presiden Prancis 2012, Data Prestasi Biografi Francios Hollande Presiden Prancis 2012


Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment