Masih Proses...

Tuesday


Dibalik Sisi Kecelakaan Tahunan Setiap Mudik LebaranDIBALIK SISI KECELAKAAN TAHUNAN SETIAP MUDIK LEBARAN. Musim mudik telah tiba. Sebuah tradisi yang dilakukan setiap tahun menjelang Idul Fitri di Indonesia. Jutaan orang pulang ke kampung halaman nyaris serentak, memenuhi jalanan, meninggalkan ibukota Jakarta dalam kondisi lengang, melompong. Baca juga BUSANA MUSLIMAH 2012 Trend Gamis Muslimah Lebaran 2012. Meski merupakan kegiatan rutin, mudik bukan persoalan remeh temeh. Senin 13 Agustus 2012, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin sidang paripurna kabinet, khusus membahas soal mudik ini. Presiden SBY memerintahkan seluruh jajaran pemerintah agar membantu para pemudik. Dan jangan lengah.

“Kita tidak boleh menganggap ini hanya kegiatan rutin. Ada dinamika, persoalan dan perkembangan kehidupan masyarakat,” katanya. Salah satu yang menjadi perhatian SBY adalah meningkatnya jumlah kendaraan sepeda motor. "Jumlah motor meningkat sangat tajam. Ini ada kaitannya dengan lalu lintas dan keselamatan pemudik,” ujar SBY. Keprihatinan presiden itu ada benarnya.

Sebab, adalah fakta bahwa para pemudik sepeda motor itu rentan bahaya. Jumlah kecelakaan kian bertambah dari tahun ke tahun. Dan jumlah itu bertambah seiring dengan meningkatnya pemudik bermotor. Bagaimana dengan tahun 2012 ini? Kementerian Perhubungan memprediksi bahwa pemudik sepeda motor tahun ini meningkat 16,16 persen dibanding tahun sebelumnya. "Tahun 2011 pemudik sepeda motor meningkat menjadi 2.368.720 orang. Tahun ini menjadi 2.514.634," ujar Kepala Posko mudik Lebaran Kemenhub, Sugiadi Waluyo. Selain itu pemerintah juga menyediakan truk dan bus gratis bagi pemudik sepeda motor. "Tercatat sekitar 6 ribu lebih sepeda motor yang ditumpangkan ke truk, pemiliknya naik bus.

Jumlah itu akan terus berkembang sebab layanan ini gratis," kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan di Kantor Presiden, Senin 13 Agustus 2012. Dua kapal Pelni dan kapal dari TNI AL, katanya, juga disiapkan untuk mengangkut pemudik dan sepeda motornya secara cuma-cuma. Layanan gratis ini disediakan semata-mata demi menghindari kecelakaan di jalan. Mangindaan menyadari bahwa layanan pemerintah itu tidak akan cukup membantu semua pemudik. Itu sebabnya dia meminta perusahaan swasta seperti bank menyediakan layanan serupa.

DIBALIK SISI KECELAKAAN TAHUNAN SETIAP MUDIK LEBARAN, Angka Kecelakaan Mudik Lebaran 2012


Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment