Masih Proses...

Monday

KRONOLOGIS KERUSUHAN KUTAI BARAT 2012 VERSI POLISI

FOTO KERUSUHAN KUTAI BARAT 2012 KALTIM KRONOLOGI PENYEBAB KUTAI BARAT RUSUH 2012. Polisi mengamankan tiga orang yang diduga pelaku penganiayaan yang berujung kericuhan di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Mereka diamankan beberapa jam setelah kejadian, Jumat 23 November. Tiga orang itu adalah karyawan agen penyalur minyak solar (APMS) Benuaq Indah Maju.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Antonius Wisnu menuturkan, kronologi kejadian sangat sederhana. Bermula dari korban yang hendak mengantre bensin di APMS --mirip SPBU, tapi lebih kecil. Namun, ketika tiba gilirannya, rupanya bensin habis. Korban marah dan bilang, kalau bensin habis tutup saja mobil yang masuk ke APMS.

"Pertengkaran dipicu dari situ. Pelaku memukul korban karena tersinggung dengan ucapannya. Korban kemudian melaporkan kejadian itu ke Polres Kutai Barat dan menelepon keluarganya," kata dia.

Masalah melebar ketika keluarga korban yang kemudian mencari pelaku dan karyawan APMS. Begitu kondisi memanas, polisi langsung melakukan pertemuan dihadiri keluarga korban, tokoh Dayak, tokoh Bugis, Presidium Dewan Adat, ormas Sepekat Tunjung Benuaq.

Dua kali pertemuan dilakukan, hasil pertemuan pertama kurang memuaskan. Namun pada pertemuan kedua, massa bisa menerima saat hasil pertemuan dibacakan di depan mereka.

"Massa meminta pertemuan diteruskan pada Sabtu yang dihadiri Bupati dan Ketua DPRD," ujar Wisnu.

Polisi, ujar Wisnu, terus berusaha mendamaikan. Tapi, banyak sekali massa yang tak bisa dikendalikan. Lalu, terjadilan pembakaran kios pada Sabtu dini hari.

Konsentrasi massa pun terjadi di beberapa titik di antaranya di APMS Benuaq. Polisi sudah berusaha meredam dengan melakukan pertemuan dan mengusahakan jalan damai.

Puncaknya adalah Minggu dini hari tadi, ada 400 kios terbakar. "Tim forensik sudah diturunkan untuk menyelidiki. Apakah penyebabnya karena dibakar atau sebab lain," katanya.

Intinya, sekarang polisi berusaha mengupayakan jalan damai, dan komunikasi terus dibangun. Video youtube kronoogis kerusuhan Kutai Barat 2012 Barong TOngkok Kaltim rusuh antar etnis.


Info dan Berita Terbaik

0 comments:

Post a Comment